Ilmu Komputer

Halooooo vroooohhhhhhh, pasti banyak dari antara kita yang bingung tentang jurusan apa aja sih yang ada di komputer ini. Nah, biar kagak bingung, gw akan sedikit menjabarkan pembagian – pembagian jurusan yang ada pada Fakultas komputer. Secara umum pembagian jurusan Komputer terbagi kedalam 3 bagian, antara lain :

  1. Computer Science, untuk program studi (jurusan) Teknik Informatika atau Ilmu Komputer.
  2. Computer Enginering, untuk program studi (jurusan) Sistem Komputer atau Teknik Komputer
  3. Informatika System, untuk program studi (jurusan) Sistem Informatika atau Manajemen Informatika.

Jika kita perhatikan di Indonesia ini, pendidikan mengenai teknologi sudah sangat pesat khususnya dalam bidang komputer. Perkembangan lebih lanjut bidang komputer atau ilmu IT telah mengalami sebuah sub-sub pembagian yang sesuai dengan pembagiannya secara umum. Secara singkat, deskripsi dan kompetensi dari masing – masing jurusan tersebut adalah :

Computer Science (Jurusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer)

mempelajari antara lain tentang bagaimana mengembangkan robotic, computer vision, intelligence system, bio – informatika, dan hal – hal lainnya yang terkait dengan pengembangan komputer kedepannya. Untuk itu, ilmuwan komputer ini harus mempelajari berbagai hal secara teoritis hingga dasar – dasar algoritma dan mengetahui cara mengimplementasikannya. Jurusan ini diharapkan menghasilka lulusan dengan kemampuan cukup luas dimulai dari penguasaan teori (konsep) dan pengembangan software .

Computer Engineering

(Jurusan Sistem Komputer atau Teknik Komputer) mempelajari tentang bagaimana mendisain dan merancang konstruksi komputer dan sistem berbasis komputer yang baik. Ilmu yang terlibat adalah mengenai hardware, software, komunikasi dan tentu saja memahami proses interaksi antara bagian tersebut. Jurusan ini diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mendesain dan mengimplementasikan sistem yang terintegrasi baik software maupun hardware.

Information System

(Jurusan Sistem Informasi atau Manajemen Informatika) mempelajari antara lain tentang bagaimana membangun dan mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis yang ada, sehingga suatu institusi bisnis akan dapat mencapai tujuannya dengan efektif dan efisien. Jurusan ini diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu menganalisis kebutuhan (requirement) dan proses bisnis (business process) serta mendesain sistem berdasarkan pada tujuan organisasi.

Information Technology

mempelajari antara lain tentang bagaimana sebuah sistem informasi di sebuah institusi sudah tepat keberadaannya, berfungsi sesuai harapan, mudah dalam pengaturan operasional, serta aman. Selain itu, aspek non teknis semisal memahami kebutuhan dari pengguna akhir, menterjemahkan kebutuhan manajemen, dan hal – hal praktis lainnya juga dipelajri. Jurusan ini diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu bekerja secara efektif dalam merencanakan, mengimplementasikan, mengkonfigurasi, dan memaintain infrastruktur teknologi informasi dalam organisasi.

Software Engineering

Software Engineering atau dalam bahasa Indonesia yaitu Rekayasa Perangkat Lunak, adalah mempelajari antara lain tentang bagaimana merancang bangun dan memelihara sebuah sistem software yang reliabel, efisien, efektif serta mudah dikembangkan dan dapat memenuhi kebutuhan dari customer atau pengguna. Jurusan ini diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mengelola aktifitas pengembangan software berskala besar dalam tiap tahapannya (software development life cycle).

Nah, itu dia sedikit penjelasan dari saya mengenai pembagian – pembagian jurusan computer yang gw ketahui dan juga yang gw dapat dari dosen gw dan juga dari referensi. Semoga tidak ada lagi yang bingung mengenai jurusan komputer yang ada dan juga bagi yang mau ambil jurusan komputer agar tidak bingung lagi menentukan pilihannya. Mengenai jurusan mana yang baik, ini tergantung pada minat, keinginan, dan potensi yang dimiliki. Semoga tulisan gw ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih. 😀 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s