AYSPP – Borobudur Temple, Preparation, Cultural Night dan Awarding Session

Ngantuk Borobudur.. Ngantuk Borobudur.. Ngantuk Borobudur.. waktunya ke Borobudur Temple, Yahuuuiiiiiii :D. Bangun pagi langsung menyetrika Baju AYSPP (baca: Malasnya). Selalu seperti itu, bangun pagi jam 5 serasa bangun jam 3 pagi di Medan (baca: Kota Tercinta). Bangun pagi kali ini bangun pagi BUKAN yang Terindah dan juga bangun pagi SANGAT menjengkelkan serta membuat sedih. Bangun pagi hari ini merupakan bangun pagi terakhir dalam serangkaian kegiatan AYSPP :(.

Mas Joni mandi duluan sedangkan aku SANGAT sibuk dengan kegiatanku yang super-super aneh, tidak lupa juga aku mem-BANGUN-kan Ericko beserta mas Ali di kamar 612-. Selalu seperti itu, tidak pernah mau bangun duluan, sepertinya mereka melalui malam yang kurang menyenangkan jadi kelamaan tidur dan terlambat bangun, hahaha. Tidak lupa juga Ericko memberikanku tugas baru. Tugas menyetrikakan bajunya –, terima kasih Ericko yang memberikan tambahan pekerjaan rumah, haha :D.

Eh, ini baju kok Body Fit kali ya” “Gak ah, uda pas kok ke badanmu Co.” “Seriusanlah, kekecilan ini kayaknya.” “Nggakloh, cocok dengan celanamu yang nge-FIT juga, LOL” Biarpun aku yang menyetrika bajunya aku tidak sadar kalau ternyata baju yang dikasi untuknya ternyata sangat nge-FIT, hahaha :D. Mungkin bajunya tertukar dengan baju Patricia, tapi gpp, biar Ericko kelihatan MAHO macho tapi yang lebih penting supaya DIA (baca: Mangsa) semakin jatuh hati, ya kan Co ?? 😀

Kira-kira pukul 6.45 kami (baca: Rombongan AYSPP) sarapan dan tentunya dengan menu makanan yang sudah menjadi Menu Utama dan menjadi Sponsor, tidak asing dan tidak heran lagi marilah katakan “AYAM“, hahaha 😀 :D. Setelah sarapan marilah menuju BUS impian, LOL. Ketika melihat BUS NGGAK SAMA SEKALI sedikit bingung aja karena awalnya berpikir kalau BUS bakalan tetap TIGA (3) dan ternyata tidak, BUSnya tinggal DUA (2) dan semakin besar, “Mama, sekarang aku naik BUS yang besar” “Emangnya siapa Emak lu ?“, LOL.

Masuk ke dalam BUS langsung HEBOH se-KAMPUNG ketemu dengan Mas Joni, Aziz dan Mbak Ade, bakalan seru nih perjalanan menuju Borobudur *Berpikir Keras -_-. Setelah dilihat-lihat ke sekeliling ternyata ada team Iwak.me, ada Kars dan ada FP_UNUD yang kemaren buat BUS MEMANG terasa RIBUT dan HEBOH rame, hahaha 😀 Sepertinya penumpang dalam BUS ini sangat HEBOH rame, ada LO kesayangan Caleb Hukom ada mama Greenovation (baca: Alien Team) dan Iwak.me Reytasari dan juga yang paling ditunggu-tunggu ada Our Hot, hahaha 😀

Perjalanan menuju Borobudur Temple SUPER {tak terdefenisi} sangatlah menyenangkan, diawali dengan Our Hot yang mulai bercerita ini dan itu, mulai dari bagaimana makanan selama kegiatan AYSPP (Aku mau bilang semuanya AYAM, hhaha 😀), bagaimana rangkaian kegiatan AYSPP, menyenangkan atau tidak. Bagaimana kinerja AYSPP committee. Menurutku salah BANYAK satu pertanyaan yang sangat bagus dan yakinlah banyak dari kami akan menjawab dengan jawaban yang sangat memuaskan. Baru tahu juga dari Caleb kalau AYSPP merupakan yang pertama se-ASEAN dan juga salah satu acara terbesar tahun 2015, Wow Keren 😀 😀.

Kembali ke kegilaan selama di BUS -_-. Mas Joni (dari team Alien alias Greenovation) adalah korban pertama. “Who will tell her/his AYSPP experienced ? (Dengan beberapa pengubahan, LOL)“. “JONI !!!!” Kami mendukung mas Joni untuk maju menjadi Bupati untuk bercerita tentang MASA KELAM pengalaman-nya selama kegiatan AYSPP. “Aku gak bisa ngomong bahasa inggris” “Gpp mas Jon, aku juga gak bisa, hahaha.“. Mas Joni menceritakan sedikit dari pengalamannya selama kegiatan AYSPP, terlihat kalau Mas Joni sangat menikmati kegiatan ini.

Ada yang ingin memberikan hiburan ?? (Kira-kira seperti itu maksudnya, hahaha)“, mungkin hari itu merupakan hari keberuntungan bagi Mas Joni karena namanya selalu disebutkan dalam setiap kesempatan yang ada, LOL :D. Tapi tunggu dulu, yang menjadi korban bukanlah Mas Joni melainkan Ericko, haha. Ericko harus menari dan nyanyi. Bukannya maju tetapi dia malah malu-malu, dasar Ericko hahaha. Karena Ericko merupakan salah satu dari KOMPLOTAN BERSENJATA kelompok Boyband akhirnya kami dengan BERAT senang hati ikut membantunya.

Menari di depan teman-teman AYSPP, kenangan yang TIDAK akan pernah terlupakan. Kebahagian, senyum, tertawa dan kegilaan selama di BUS menjadi salah satu kenangan terbaik yang akan selalu di-ingat mengenai AYSPP. Menari bareng teman-teman di dalam BUS, Mas Joni bareng aku menari di depan cukup gila dan keren karena kami menjadi Koreografer (CMIIW) tarian di BUS, hahaha :D. Tidak lupa menarik LO Reytasari untuk ikut-ikutan gila bareng di depan, yahuuuuiiiii :D. Ternyata Reyta jago nari juga ya. haha 😀

Setelah selesai dengan Reyta dan menari-nari di depan giliran Aziz Amre unjuk kebolehan dengan nge-RAP, yo mamen yo mamen :D. Dan setelah diselidiki ternyata Aziz Amri pernah juara Lomba Boyband gitu haha, selamat ya Aziz :D. Setelah bermain-main dengan tari-tarian dan juga dengan Rap-Rapan kemudian kegilaan dilanjutkan oleh Gossip Girl Channel :D. Acara ini dipandu oleh Kai Ying from UM Challenger Malaysia. Kai Ying yang sudah berpengalaman di hari sebelumnya memimpin acara Gossip Girl Channel di BUS 3, LOL 😀

Di dalam BUS mungkin tidak ada yang bisa mengimbangi Kehebohan Kai Ying, dan lagi-lagi dia melontarkan pertanyaan pamungkasnya “Are you single ??” “Sorry, he/she has been taken 😀“. Salah satu dari target wawancara yaitu Our Hot, yahuuuiii “Are you single ??” “No, i have boyfriend” “Sorry, Ericko. Please don’t cry. Cry for your Nation 😀“. Mungkin di wajah Ericko sudah tertempel tulisan “Bully Face“, LOL. Semangat Ericko, jangan cewek aja dipikiranmu, ingat projek kita jangan lupa belajar :D.

Gossip Girl Channel akhirnya terhenti karena Our Hot mengatakan kalau kami sekarang sedang berada di dekat Candi Mendut dan ternyata kami juga sudah sampai di Borobudur, yeayyyyy :D. Akhirnya kami samapai juga di Candi Budha Terbesar di dunia yang sekarang merupakan salah satu dari Warisan Dunia UNESCO, dan merupakan Candi kebanggaan Rakyat Indonesia. Yahuuuuiiii :D. Selamat datang ke Indonesia, negara dengan segudang Kebudayaan dan juga Adat Istiadat yang membuat Indonesia itu beragam. 😀

Turun dari BUS langsung disambut oleh penjual gantungan kunci, topi, minuman dan lain-lain, namanya juga sedang berada di daerah Wisata jadi tidak heran jika seandainya langsung dikerumuni oleh para pedagang, tapi ada satu hal yang harus diperhatikan, yaitu Dompet dan Smartphone jangan sampai di-COPET hahaha inilah INDONESIA negaraku. Kemudian kami dibagikan kartu tiket masuk, yeay 😀 Aku dapat kartu yang warna merah seperti kartu ATM (memangnya ada warna yang lain ya ?? -_-).

Ternyata jika masuk ke dalam Borobudur Temple dibedakan antara Turis Mancanegara dan Turis Lokal, mungkin kita akan terpisah dan berada di dua dunia yang berbeda 😥 (baca: Alay aka Lebay). Setelah melewati Gerbang NERAKA pengecekan akhirnya kami kembali lagi seperti semula *PelukTeletubies :D. Setelah masuk, hal yang tidak bakalan terlewati adalah SELFIE, yahuuuiiiiii dimana tempat, gimana pun kondisinya, menjadi eksis itu yang terutama. Tidak lupa Aziz dan aku menyempatkan berfoto dengan adik-adik pramuka yang cantik-cantik *yyeeeaaaaayyyy. 😀

Kemudian kami jalan kaki dan singgah di POS untuk mengambil sarung, katanya untuk menghormati dan tetap menjaga kebudayaan di tempat itu, woww keren. Sebelum menjelajahi berkeliling ke Borobudur Temple, kami berfoto bersama. foto bersama Participants dan kemudian foto bersama Participants dan Committee. Setelah foto bersama kami melanjutkan untuk kegiatan games *kayaknya, menuju ke bawah pepohonan untuk membagi kelompok dan kemudian membuat Yel-Yel kelompok. Kemudian tim dibagi kedalam 3 kelompok.

Kami dimasukan dalam kelompok 3, kemudian kami memberi nama kelompok kami dengan nama Gossip Girl Preneur, –-. Disuruh membuat Yel-Yel tidak ada satupun dari kami yang mampu bisa selama 5 menit pertama, hahaha :D. Bengong-bengong nggak jelaslah jadinnya –-, berharap datang mukjizat dan Yel-Yel langsung jadi, 😀 (baca: Nggak Mungkin). Mungkin karena Ilmu KEPEPET, jadi kami BELUM dapat menyelesaikan Yel-Yel dalam waktu beberapa menit yang tersisa. Team kami terlihat sangat senang dan menikmati Yel-Yel yang kami buat, haha 😀

Kemudian bermain games yang dimana *oh dimana perwakilan setiap kelompok menirukan kata-kata yang ada di dalam kertas dan kemudian anggota kelompok berusaha untuk menebak kata apa yang dimaksudkan. Dari kelompok kami, kami korbankan kembali Ericko sebagai tumbal untuk menirukan gerakan-gerakan yang dimaksud. “Penjual Mijon -_-” “Penjual Mijon Tiduran” “Mijon Mijon Mijon” Mas Reza buat ngakak, sumpah, LOL. Aku (baca: Bintang Thunder) nggak ada niat menjawab, yang ada niat ketawak kuat-kuat, hahaha :D.

Selesai bermain games, kemudian kami melanjutkan dengan mengelilingi Borobudur Temple dan dipandu oleh seorang Guide yang menceritakan tentang detail-detail bagaimana Borobudur terbentuk, mengapa Borobudur tidak ditemukan dalam beberapa tahun, sudah berapa kali mendapatkan pemugaran dan lain lain. Mendengar penjelasan dari Bapak Guide tersebut membuat rasa bangga tinggal di Indonesia yang kaya akan Suku dan Adat Istiadat. Setelah sampai ke tempat Stupa Kedua *LupaNamanya, kami ditinggalkan disana dan diberikan waktu bebas selama lebih kurang 30 menit.

Berkeliling Stupa dan sampai ketinggalan rombongan, hahaha dan akhirnya nemu juga. Setelah puas berkeliling beberapa mengambil foto, ada juga yang dimarahi karena memanjat Stupa (Panjat pinang aja mas), hahaha. Memang Lelah berkeliling Borobudur, kemudian semuanya turun dan mempersiapkan perjalanan selanjutnya, tapi tunggu, untuk menuju ke parkiran BUS, kami harus jalan kaki lebih kurang 1 KM, di perjalanan terdapat banyak sekali penjual pernak pernik dan oleh oleh yang dijual dengan harga yang sangat murah *BerpikirKeras.

Sampai di BUS kami langsung meluncur ke Restoran untuk makan siang, tetapi tidak banyak ada lagi keributan di dalam BUS karena semuanya sudah ngantuk berat dan kemungkinan besar sedang lapar berat, hahaha. Kali ini makanan kami sedikit berbeda biarpun menu utamanya tetap AYAM, karena AYAMnya di bakar dan rasanya itu enak sekali (baca: karena lapar). Mungkin terjadi evolusi ketika AYAM akan dimasak, LOL :D. Karena itu juga akhirnya Aku makan ayam berulang kali *PerbaikanGizi, hahaha :D. Setelah semua pada selesai makan kami langsung meluncur ke Hotel Santika Dyandra Premier.

Sampai disana kami merencanakan Gladi bersih sebelum Closing Ceremony yang malam harinya akan dilaksanakan. Berharap agar Cultural Night dan Closing Ceremony yang akan kami laksanakan berjalan dengan lancar dan sudah sesuai perkiraan. Tapi ada yang kurang untuk dalam kegiatan Gladi Bersih ini karena team AKABA dari Philippines pulang duluan ke negara mereka karena ada urusan yang tidak bisa ditinggalkan, sedih guys :(. Gladi Bersih dilakukan selama lebih kurang 2 jam dan kami kemudian dipersilahkan kembali ke MARKAS BESAR Hotel untuk mempersiapkan malamnya.

Di MARKAS BESAR Hotel, aku tidak tahu kalau kegiatan Cultural Night harus berpakaian daerah dan saat itu memang membawa baju seadanya (baca: Kebiasaan Anak Komputer). SANGAT Beda dengan teman satu kamar Mas Joni yang sangat mempersiapkan pakaiannya, mulai dari baju, celana, topi bahkan rumbai-rumbai yang gak jelas (baca: Menurut Bintang Thunder), hahha. Tapi terima kasih ya Mas Joni yang sudah mau meminjamkan baju batiknya, kalau tidak bakalan makai baju batik yang kemaren lagi jadinya, hahaha 😀

Ada yang berpakaian Bali, ada yang berpakaian dari Jawa Timur, ada juga BATAK !! dan ada juga dari negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Combodia dan Thailand. Pakaiannya keren banget, seperti lagi berada dalam Pameran Kebudayaan dari setiap negara yang kemudian dipamerkan dalam satu acara, keren banget !! Masuk ke dalam Ballroom Santika Dyandra dan menemukan tidak ada satu pun TERDAPAT KEHIDUPAN participant. Ternyata semuanya berada di Photobooth, ya ikutan deh, daripada nggak tahu mau ngapain, hahaha.

15 Menit kemudian kami semua dipersilahkan untuk masuk, disambut oleh para committee yang semuanya sudah berpakaian baju adat, serasa tamu penting yang akan menghadiri konfrensi tingkat dunia gitu, hahaha :D. Di dalam ruangan we do nothing, LOL :D. Kami harus menunggu beberapa undangan penting yang diperkirakan akan hadir di tempat itu. Beberapa saat kemudian MC kondang pun datang yang mirip dengan kiper *katanya kiper Persib Bandung kalau nggak salah. hahaha. :D.

Acara ditutup dibuka dengan tari-tarian tradisional, kemudian diikuti dengan kata sambutan, seperti biasalah macem nggak tahu aja :D. Kemudian pertunjukan kebudayaan dari tiap-tiap negara participants ASYPP, dimulai oleh negara Thailand, mereka menampilkan pertunjukan biola dan tarian-tarian. Kemudian Indonesia kelompok 1 yang dipimpin Ramdan from Cibaduyut :D, ngeRap nya itu gak bakalan dilupakan deh, haha :D. Kemudian dari Singapore, mereka menampilkan tari-tarian keren dengan kipas-kipas yang imut, haha :D.

Kemudian dilanjutkan oleh tari-tarian oleh participants dari Cambodia, mereka menampilkan tari-tarian dari negara mereka. Kemudian disusul oleh participants dari negara Malaysia, mereka menggabungkan dua kebudayaan antara chinese dan melayu, keren :D, penampilan terakhir oleh Indonesia kelompok 2, maklum Indonesia dengan participants MEMBLUDAK terbanyak dalam kegiatan ini, hahaha :D. tapi sayangnya penampilan dari Philippines tidak ada, karena team AKABA pulang duluan :(. Penampilan terakhir seluruh participants ditambah naomi menyanyikan lagu Man In The Mirror. yahuuuuuiiiii. 😀

Selesai dengan penampilan waktunya makan alias makan malam aka Gala Dinner, yeayyy :D. Karena ini malam terakhir, aku (baca: Bintang Thunder) HARUS dan WAJIB mencoba semua makanan yang ada dan sudah dipersiapkan. Kapan lagi perbaikan gizi mahasiswa ?? hahaha :D. Kali ini aku (baca: Bintang Thunder) tidak menyalahkan AYAM karena AYAM-nya tidak banyak terlihat, haha :D. Tetapi tetap saja, makanan disini masih terasa manis semua berbeda dengan lidah Sumatera-ku yang tidak terbiasa dengan masakan manis. :D.

Saatnya pengumuman pemenang kegiatan AYSPP. Seperti perkiraanku sewaktu Grand Final Pitching pemenang dari kegiatan AYSPP ini sudah ketahuan *SokTahu, haha :D. Ya, selamat kepada OSIRIS – Indonesia sebagai Pemenang AYSPP dengan produk Dragon Fruit Ice Cream. dan selamat kepada AKABA – Philippines, Iwak.me – Indonesia dan Greenovation – Indonesia sebagai Runner-Up. Dari Pitching, Product Target dan Social Impact mereka, memang pantas dan layak bagi mereka berdiri di depan seperti itu, Selamat guys :D.

Dengan selesainya pengumuman pemenang AYSPP 2015 berakhir sudahlah serangkaian kegiatan AYSPP selama beberapa hari ini. Dengan begitu yang tertinggal hanyalah kenangan AYSPP 2015. Sungguh sangat berat SEKALI LAGI sangat berat untuk berpisah dengan participants, tidak lupa juga dengan committee yang sudah menemani selama 5 hari. hahaha :’D.


Terima kasih kepada Global Engagement Office (GEO) – Faculty of Social and Political Science University of Gadjah Mada yang telah menyelanggarakan kegiatan bermanfaat ini, terima kasih karena telah membuat keluarga baru, haha :D. Terima kasih kepada Para Sponsor yang telah mendukung acara, kalau tidak ada sponsor mungkin acara ini tidak akan semeriah ini. Terima kasih buat LO-ku Caleb Hukom, 😀 😀 jangan lupa datang ke Medan Leb, ke Lapo kita nanti, haha. Terima kasih kepada para Participants yang sangat ku-sayangi, aku sangat merindukan kalian guys. Semoga semua cita-cita tercapai Terima kasih semua. semoga kita dapat bertemu di lain kesempatan. Salam dari satu-satunya team Pulau Sumatera !! 😀 😀 Miss you and Love all of you guys :* :*

EMBRACING SOCIAL BUSINESS
OVERCOMING SOCIAL PROBLEMS
#Socialpreneur #AYSPP 2015

Previous AYSPP Story

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s