Anak Muda dan Solusi

Start-Up merupakan 2 buah kata yang menjadi satu yang hampir seluruh mahasiswa sering mendengar kata itu dan salah mengartikannya. Kalau diartikan Start-Up perkata, Start itu berarti memulai dan Up berarti menuju keatas atau berkembang, dengan kata lain Start-Up ada adalah memulai memulai dan berkembang. Jika dilihat dari mata biasa, banyak orang beranggapan bahwa Start-Up ini hanya bisa dilakukan dan dikerjakan oleh mereka yang sudah terlebih dahulu mengenal dan memahami dengan dengan dunia digital, padahal mereka tidak tahu kalau itu semua salah besar, gak sebesar itu sih hahaha. Sebenarnya, mereka yang memiliki permasalahan dan bergerak untuk menyelesaikan permasalahannya adalah orang sudah memiliki sedikit dari jiwa untuk bergerak.

Sebelum dan sesudah mengikuti Ignition #1000GerakanCelanaGemas saya mengetahui bahwa permasalahan tersebut dapat diselesaikan kalau kita peduli dengan sekitar dan percaya bahwa anak anak muda di Indonesia mampu menyelesaikan permasalahan tersebut dengan dibungkus dengan teknologi digital. Anak muda yang dibutuhkan bukanlah mereka yang selalu menuntut apapun tetapi mereka yang menjadi pencari solusi. Pada tahun 2030 diperkirakan Indonesia mengalami masa Golden Age, dimana jumlah pemuda Indonesia memiliki jumlah yang sangat besar. Tapi apakah itu berguna? Berguna jika mulai dari sekarang setiap anak muda berusaha menyelesaikan permasalahan yang dia miliki. Jika ada 100 ribu anak muda dengan masalah berbeda memikirkan solusinya, maka Indonesia akan memiliki 100 ribu solusi kreatif untuk permasalahan itu.

Dari banyak pembicara yang pernah saya temui baik sebelum dan sesudah Ignition di Medan, mereka semua adalah orang orang yang melihat permasalahan sekitar mereka. mereka melihat apa sebenarnya yang lingkungan sekitar dan mereka butuhkan bukan apa yang mereka inginkan. Merubah ide menjadi bentuk nyata bukanlah hal yang mudah, butuh perjuangan dan proses. Jangan berpikir bahwa solusi yang ditawarkan akan diterima begitu saja, tapi apakah solusi itu merupakan apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh oleh orang-orang yang berada disekitar kita atau malah itu hanya kita pikirkan memecahkan masalah yang ada.

Membangun Start-Up itu merupakan satu hal yang dimana membangun sebuah ekosistem yang baru, ekosistem yang dimana dapat merubah kebiasaan dari seseorang. Misalnya yang dahulunya pengemudi ojek, selalu menunggu di pangkalan untuk mendapatkan penumpang tetapi sekarang sudah lebih mudah dan mereka mendapatkan penumpang dimana saja. Itu karena adanya solusi yang bergabung inovasi dan kemudian dibuat nyata. Membangun Start-Up tidaklah mudah, Ide memang mudah untuk didapatkan, tapi eksekusi dari ide tersebut yang susah. Jadi bergeraklah, bergeraklah dari sekarang untuk Indonesia yang lebih baik dan Merdeka.

Some people don’t like change, but you need to embrace change if the alternative is disaster.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s