Uploading Web Apps to Microsoft Azure using Visual Studio

Pada tulisan yang lalu adalah bagaimana cara mengupload file ke Microsoft Azure menggunakan File Transfer Protocol (FTP). Kali ini, yang akan dibahas adalah bagaimana cara mengupload website menggunakan IDE unggulan dari Microsoft yaitu Microsoft Visual Studio. Pada dasarnya tulisan ini beranggapan bahwa pembaca sudah pernah mendeploy website di Microsoft Azure, jika belum pembaca boleh membaca tulisan sebelumnya. Pertama jalankan Visual Studio, setelah terbuka kemudian pilih: file -> new -> web site . Jadi disini kita memulai membuat website dengan beranggapan bahwa website tersebut belum pernah dibuat di Visual Studio.

1
New Website

Setalah itu kemudian pilih ASP.NET Empty Web Site. Pada dasarnya yang akan diangun adalah sebuah website menggunakan teknologi .net, biarpun begitu jangan khawatir, karena dapat menggunakan bahasa pemrograman lain pada Visual Studio. Setelah dipilih kemudian pilih ok, seperti pada gambar dibawah ini.

2
Memilih ASP.NET untuk membuat website menggunakan Visual Studio

Nah, setelah melakukan setting pada projek web tadi, pastinya belum ada index pada file website alias index awal pada projek tadi. kemudian, klik kanan pada projek kemudian pilih add -> lalu pilih add new here.

3
Klik kanan, pilih add lalu add new here

Kemudian akan muncul pilihan seperti tampilan di bawah ini pilih Web Form. Kemudian isi nama file, biasanya tampilan awal website namanya adalah index, jadi pada contoh dibuat index.aspx. Setelah diisi nama index webnya kemudian pilih add. langkah ini jika membangun website dari awal.

4
Pilih Web Form lalu Add

Seperti penjelasan di atas tadi, ada kemungkinan jika tidak menggunakan bahasa pemrograman .net dalam pembuatan webnya. Nah, pada saat menulisan postingan ini, aku masih menggunakan HTML, jadi yang seharusnya dilakukan adalah klik kanan -> kemudian pilih add -> lalu pilih existing item. kemudian akan muncul pilihan foldernya, kemudian tinggal pilih bagian mana yang akan dimasukan kedalam projek website tersebut.

5
Menambahkan website yang sudah pernah dibangun

pastinya di dalam projek ini, sudah ada data yang akan di-upload ke dalam Microsoft Azure. Cara menguploadnya dengan klik kanan pada project kemudian pilih Publish Web App.

6
Publish Web App

Setelah dipilih Publish Web App maka akan muncul seperti tampilan yang dibawah ini. Terdapat beberapa pilihan, misalkan kita memilih Microsoft Azure Web Apps yang tujuannya ada langsung mengupload ke Microsoft Azure.

7
Publish Web App

Setelah dipilih Microsoft Azure Web App, maka akan langsung menuju ke dalam link sign in ke dalam Microsoft Account. Kemudian masukin dengan email outlook yang dipunya seperti gambar dibawah ini.

8
sign in

Tapi, terkadang cara tersebut sering bermasalahan, karena aku sudah pernah mencoba berulang kali dan tidak bisa. kemudian setelah dioprek oprek ada cara yang lebih mudah. Buka portal.azure.com tempat web yang sudah di deploy, kemudian klik Get Publish dan simpan dengan nama yang diinginkan.

9
Get Publish

Setelah dapat file publish tersebut kembali ke Visual Studio yang sedang kita oprek. Karena Microsoft Azure Web Appnya tidak bisa maka gunakan import. Setelah tombol import ditekan maka akan muncul pilihan browse, kemudian browse file yang didownload tadi.

10
browse file

Setelah di browse maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, biarkan saja passwordnya seperti, karena password tersebut bukanlah password asli melainkan hasil enkripsi. Kemudian pilih Publish.

11
Jangan Ubah Password

Kemudian dengan otomatis Visual Studio akan mengupload seluruh file ke dalam Microsoft Azure. Tunggu sampai pada Visual Studio muncul pemeritahuan bahwa file yang diupload sukses. (yeaayyyy).

12
Upload Success

Dalam Proses peng-upload-an Video, perlu diperhatikan bahwa jangan sampai koneksi pada saat proses peng-upload-an terputus, karena bisa saja data yang ditransfer akan rusak atau error.  Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca dan semoga dapat diaplikasikan dalam penggunaan Cloud sehari-hari. Terimakasih

Link Azure yang diupload menggunakan Visual Studio -> Template Web Launch

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s