Uploading Web App to Microsoft Azure using FTP

Banyak dari developer dan pelajar pada bidang IT pasti memiliki beberapa aplikasi atau website yang sudah pernah diselesaikan. Pastinya menyelesaikan project tersebut memakan waktu banyak dan pasti memerlukan energi yang banyak. Sayang sekali project tersebut tidak dipublish, karena project tersebut dapat menjadi salah satu portofolio dari si developer. Nah, salah satu caranya adalah dengan menggunakan layanan Cloud, saya akan menggunakan Microsoft Azure.

Pertama sekali persiapkan file atau data yang akan diupload ke dalam layanan Cloud tersebut. Pada tulisan ini aku akan mengupload sebuah website. Teknik yang akan digunakan dalam peng-upload-an website ini menggunakan teknik File Transfer Protocol (FTP). Jika ada yang belum tahu apa itu FTP, bisa dilihat disini. Jadi pertama sekali kita ketikan di browser kita portal.azure.comKemudian ada pilihan disebelah kiri NEW,

klik new -> pilih web + mobile -> kemudian pilih web app / klik web app seperti gambar dibawah ini

1
Langkah awal mempersiapkan mengupload web ke Microsoft Azure

Setelah itu akan muncul form seperti gambar dibawah ini, kemudian isi nama web, isi dengan nama yang diinginkan tetapi masih belum pernah digunakan oleh orang lain. pilih subscription, disini aku memilih dreamspark karena aku menggunakan layanan dreamspark. kemudian pilih resource group, pilih new jika belum pernah membuat sama sekali. resource group ini merupakan server yang akan digunakan nantinya.

b2
Langkah kedua

Setelah selesai diisi, kemudian secara otomatis maka Microsoft Azure akan mengatur develoyment dari settingan website yang baru saja dibuat. tunggu beberapa saat sampai akhirnya website selesai di deploy.

b3
Proses Deployment Website

Setelah website selesai di deployment maka klik website yang sudah selesai di deploy tadi, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

b4
Tampilan setelah selesai di deploy

Kemudian langkah yang selanjutnya adalah mengupload webiste tadi menggunakan FTP. Sebelum mengupload, pastikan hanya pengguna yang dapat mengakses data dan website tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan Deployment Credential, jadi pada dasarnya ini seperti membuat username kemudian membuat password dari si username. Caranya seperti yang terdapat pada gambar.

b5
Setting Deployment Credentials

Setelah selesai deployment credential, maka hal yang akan dilakukan selanjutnya adalah upload file menggunakan FTP, disini aku menggunakan aplikasi Filezilla agar mempermudah perpindahan data dari lokal storage ke dalam Azure storage. Caranya adalah masukan link host dari link ftp yang terdapat pada settingan, kemudian isi username dan password dengan username dan password yang diisi tadi. kemudian klik Quickconnect. Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, lalu pindahkan atau drag and drop data dari kolom kiri ke kolom kanan. Data website yang di deploy tadi terdapat pada bagian /wwwroot nya. Setelah diupload maka akan muncul tampilan transfer finished pada taskbar.

uploadsuccess
Transfer menggunakan Filezilla

Setelah membaca tulisan tadi, semoga semakin paham bagaimana cara mengupload data menggunakan FTP tertutama terhadap Microsoft Azure. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat disebar agar orang lain semakin paham dan mengerti mengenai teknologi Cloud terutama teknologi Microsoft Azure. Terimakasih

Link Website yang di-upload menggunakan FTP -> Bintang Thunder Portofolio

Uploading Web Apps to Microsoft Azure using Visual Studio

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s