Security in a Cloud-Enabled World (Keamanan di Dunia Berbasis Cloud) – 1

Keamanan merupakan kata yang tidak asing lagi. Keamanan itu sendiri berarti penjagaan dan pengawasan terhadap sesuatu. Keamanan yang bakalan dibahas kali ini bukanlah keamanan rumah atau perkantoran tetapi keamanan Sistem Cloud Computing terutama pada keamanan pada penggunaan Microsoft Azure. Ancaman terhadap keamanan dan kenyamanan penggunaan Cloud sangat diperhatikan, tetapi terkadang ancaman terhadap suatu Cloud lebih sering terjadi akibat kelalaian dari penggunanya.

Pada dasarnya pengamanan pada Microsoft Azure terbagi 2, yaitu pada Microsoft dan juga pada pengguna. Pada dasarnya Microsoft Azure dibangun dari kepercayaan dan keamanan yang sudah diriset. Microsoft menyediakan keamanan yang dapat menjamin pengaturan keamanan serta proteksi data dan aplikasi. Pada sisi pengguna, diharapkan bahwa pengguna tidak sembarang mengatur dan membiarkan data-data yang penting.

Menggunakan Microsoft Azure sebagai Cloud sehari-hari adalah salah pilihan yang tepat, karena sistem dan keamanan yang terdapat pada Microsoft Azure sangat terjamin terlihat dari 4(empat) aspek penting, yaitu:

  1. Cyber Security
    Terbaik dalam penangan keamanan dengan puluhan tahun pengalaman membangun software enterprise dan online services.
  2. Data Privacy
    Privasi pada Cloud Azure merupakan komitmen kepada konsumen. Informasi pribadi pengguna hanya untuk services dan bukan untuk dijual-belikan.
  3. Compliance
    Distandarisasi oleh perusahaan dan organisasi yang sesuai dibidangnya.
  4. Transparency
    Data yang terdapat pada Cloud diatur dan digunakan berdasarkan panduan penggunaan, Law Enforcement Report dan Transparency Centers.

Untuk mendukung keamanan Sistem Cloud Azure, terdapat 3(tiga) pembagian penting, yaitu SaaS, PaaS dan IaaS, tetapi pada dasarnya Cloud terbagi ke dalam 4(empat) pembagian areal kerja yang dibagikan berdasarkan fungsinya, yaitu:

  1. Software as a Service – Azure SaaS
    Microsoft sebagai penyedia layanan Cloud Azure mengoperasikan, mengatur dan mengamankan infrastructure, Sistem Operasi Host dan layer aplikasi. Pengguna mengatur dan mengamankan datannya pada aplikasi saja termasuk mengatur kumpulan dari aplikasi yang tersedia dalam Cloud Service
  2. Platform as a Service – Azure PaaS
    Dalam Paas ini, Microsoft sebagai penyedian layanan Cloud mengatur dan menamankan infrastruktur dan Layer Host Sistem Operasi. Pengguna mengatur dan mengamankan data, identitas dan aplikasi termasuk di dalamnya peng-aplikasian beberapa kontrol infrastruktur tersedia dari layanan service. Pengguna                 mengatur seluruh codingan aplikasi dan pengaturan, termasuk di dalamnya Provide Code dari Microsoft atau Source terkait.
  3. Infrastucture as a Service – Azure IaaS
    Dalam hal Microsoft mengatur dan mengamankan aplikasi dalam cakupan Base Infrastructure dan Layer Host Sistem Operasi. Pengguna mengontrol dan mengamankan data, identitas, aplikasi, virtual sistem operasi dan beberapa kontrol infrastruktur yang tersedia dari layanan Cloud.
  4. Private Cloud
    Private Cloud adalah Solusi tersendiri atau local yang dimiliki, dioperasikan dan diamankan sendiri oleh pengguna. Private Cloud sangat berbeda dengan dari Infrastruktur Lokal biasanya dimana pembangunan Private Cloud mengikuti prinsip Cloud untuk tersedianya layanan Cloud yang Availability dan Flexibility

Nah, tulisan tadi merupakan beberapa pengenalan awal dari Penanganan Keamanan Microsoft Azure, semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca dan semoga pembaca dapat mengembangkan dan mengaplikasikan pada penggunaan Azure-nya. Terimakasih.

Link MVA Keamanan di Dunia Berbasis Cloud

sertifikat1
Keamanan di Dunia Berbasis Cloud

Security in a Cloud-Enabled World (Keamanan Dalam Dunia Cloud) – 2

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s