Introduction to Cloud Computing

Cloud Computing, pastinya banyak yang sudah sangat tidak asing dengan kata-kata tersebut. Jika diartikan langsung ke Bahasa Indonesia Cloud Computing ini sering disebut dengan Komputasi Awan. Jika di defenisikan secara sederhana, maka Cloud Computing itu berarti “Gabungan dari pemanfaatan teknologi computer(komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet(awan) yang mempunyai fungsi untuk dapat menjalankan program atau aplikasi melalui computer-komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama” tetapi ingat juga tidak semua yang terkoneksi melalui internet menggunakan teknologi Cloud Computing.

Masih belum paham ? Coba perhatikan ilustrasi ini:
Tentu  kita  semua  adalah  para  pemakai   listrik  dalam  kehidupan  sehari-hari . Untuk bisa menikmati listrik , kita tidak  perlu mendirikan infrastruktur  pembangkit listrik sendiri kan? yang perlu kita lakukan adalah mendaftar ke PLN, dan kita tinggal bayar biaya listrik berdasarkan jumlah penggunaan kita tiap bulan. Saat kita butuh daya tambahan karena suatu tujuan khusus (misal-nya  kita ada acara nikahan), kita tinggal bilang ke PLN untuk tambah daya, dan suatu saat nanti ketika ingin turun daya lagi, kita tinggal bilang juga ke PLN. Bisa dikatakan penambahan daya listrik ini sifat-nya ELASTIS dan (harus-nya) bisa dilakukan segera.

Dengan menggunakan Cloud Computing dapat dikatakan bahwa kita menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi dari pengguna. Cloud Computing mengizinkan para penggunanya menjalankan program tanpa harus melakukan instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui computer dengan akses internet. Sedikit pengenalan juga bahwa konsep Cloud Computing muncul pertama kali pada tahun 1960 oleh John McCarthy dengan mengatakan bahwa “Komputasi suatu hari nanti akan menjadi sebuah utilitas umum”, ide dari Cloud Computing sendiri berawal dari kebutuhan membagikan data dan informasi agar dapat diakses di seluruh dunia. Cloud Computing semakin terealisasi semenjak munculnya Grid Computing.

Nah, itu tadi sedikit pengenalan Cloud Computing. Semoga dengan sedikit pengenalan mengenai Cloud Computing tadi sedikit memberikan pencerahan biar lebih mudah masuk ke materi yang lebih dalam (eakkkk). Materi selanjutnya yang akan dibahas dan tulis adalah mengenai Microsoft Azure Fundamentals dan Juga Keamanan di Dunia Berbasis Cloud atau Security in Cloud-Enabled Based. Materi ini dapat juga dipelajari dari Microsoft Virtual Academy (MVA). Jadi MVA ini merupakan suatu platform yang disediakan oleh Microsoft untuk membantu dalam pemahaman dan penggunaan dari seluruh teknologi Microsoft. Terima kasih sudah membaca.

Main Characteristics of Cloud Computing (Karakteristik Utama Cloud Computing)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s